Skip to main content
x

Inovasi Produk dan Teknologi WIKA Beton Untuk Pembangunan Gedung Ramah Lingkungan

Jakarta, 26 Mei 2016 – Seiring dengan tuntutan mutu pondasi bangunan di area perkotaan padat bangunan dan hunian di Indonesia yang dituntut ramah lingkungan, PT Wijaya Karya Beton Tbk. turut mendukung program tersebut dengan menghasilkan inovasi produk dan teknologi dengan mengaplikasikan sistem pemancangan menggunakan metode Inner Bore yang masuk dalam kelompok usaha jasa penunjang.

INNER BORE

Bekerja 24 jam tanpa mengganggu operasional RS

Sistem pemancangan dengan metode Inner Bore tidak menghasilkan getaran karena melubangi tanah dengan cara dibor sambil dimasukkan tiang pancang dengan cara ditekan, kecepatan dalam pekerjaan dibandingkan teknologi konvensional, tidak mengotori lingkungan kerja proyek sama sekali karena tanah yang dibor langsung ditampung pada bucket untuk langsung dipindahkan.

Teknologi ini menawarkan sejumlah keunggulan antara lain antara lain dibawah ambang batas kebisingan (low noise), tidak bergetar (no vibration) agar tidak mempengaruhi bangunan sekitar, tidak mengotori lingkungan kerja (no pollution), namun tetap tidak melupakan kecepatan dan efisiensi biaya pelaksanaan.  Dengan keunggulan tersebut, teknologi ini digunakan salah satunya pada proyek pembangunan gedung RS Saint Carolus Jakarta sehingga kegiatan operasional rumah sakit dapat berjalan normal tanpa terganggu aktivitas proyek. Proyek ini hanya berjarak beberapa meter saja dari ruang IGD RS Saint Carolus namun operasional tetap berjalan normal seperti biasa. Nilai kontrak yang diperoleh WIKA Beton pada proyek gedung Saint Carolus ini sekitar Rp 40 miliar.

PC WALL

Hemat sumber daya material dengan daya dukung lebih baik

Dalam proyek pembangunan gedung RS Saint Carolus ini menggunakan produk Precast Concrete Wall (PC Wall) yang merupakan inovasi produk baru yang dikembangkan oleh WIKA Beton. Keunggulan produk ini lebih ringan dibandingkan produk precast sejenis pada umumnya dan produk ini dapat diinstalasi dengan menggunakan teknologi Inner Bore.

Beberapa daftar proyek baru lainnya yang tengah digarap WIKA Beton Tbk saat ini yaitu :

  1. Proyek National Capital Integrated Coastal Development yaitu proyek pengembangan pantai di Jakarta
  2. Proyek MRT CP 103 di Jakarta
  3. Proyek Concrete Barrier Jalan Tol Palembang – Indralaya
  4. Proyek Concrete Barrier Jalan Tol Medan – Binjai
  5. Proyek pengadaan tiang listrik di Wilayah Sulawesi, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jatim
  6. Proyek PLTU Pangkalan Susu di Sumatera Utara