Skip to main content
x

Proyek Pembangunan Pengaman di Pantai Jakarta

Jakarta, 4 Oktober 2016 – PT Wijaya Karya Beton Tbk. telah mulai menggarap proyek Pembangunan Pengaman Pantai di Jakarta Tahap 2 Paket 2 ruas Kalibaru – Cilincing yang dimiliki oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dirjen Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane. Proyek yang sudah dimulai sejak Juli 2016 ini direncanakan rampung pada awal tahun 2018. Kontrak yang diperoleh WIKA Beton dalam proyek ini sekitar Rp 188 miliar.

Dalam proyek Pembangunan Pengaman Pantai Jakarta Tahap 2 Paket 2 ini digunakan produk Spun Pile yang merupakan salah satu inovasi produk yang dikembangkan oleh WIKA Beton. Produk ini memiliki spesifikasi yang unggul untuk digunakan pada proyek-proyek infrastruktur baik di darat maupun di perairan dalam. Spesifikasi Spun Pile yang digunakan pada proyek ini memiliki diameter 1.200 mm dan panjang 24 meter tanpa sambungan dan sistem pengikat dengan menggunakan CT joint. WIKA Beton memproduksi Spun Pile sebanyak 1.632 batang untuk pembangunan Pengaman Pantai Jakarta Tahap 2 Paket 2 sepanjang 2,2 km.

Selain itu, dalam proyek ini WIKA Beton mengaplikasikan sistem pemancangan menggunakan metode Inner Bore. Sistem pemancangan dengan metode Inner Bore tidak menghasilkan getaran karena melubangi tanah dengan cara dibor sambil dimasukkan tiang pancang Spun Pile dengan cara ditekan. Dalam pemancangan ini juga menggunakan teknologi geotextile yaitu teknologi untuk menahan tanah/lumpur hasil pengeboran oleh mesin Inner Bore yang dibuang ke laut agar tidak meluas dan tetap berada di area pemancangan.

Teknologi Inner Bore ini menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan teknologi konvensional antara lain antara lain dibawah ambang batas kebisingan (low noise), tidak bergetar (no vibration) agar tidak mempengaruhi bangunan sekitar, tidak mengotori lingkungan kerja (no pollution), namun tetap tidak melupakan kecepatan dan efisiensi biaya pelaksanaan.

Beberapa daftar proyek baru lainnya yang tengah digarap WIKA Beton Tbk saat ini yaitu :

  1. Proyek Pembangunan Pabrik Wilmar Nabati di Pelintung, Dumai
  2. Proyek Pembangunan Jembatan Sungai Dumai, Riau
  3. Proyek Pembangunan Fasilitas Pendukung Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru
  4. Proyek APMS Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3 di Jakarta
  5. Proyek PLTU Bengkayang di Kalimantan
  6. Proyek Pembangunan Shangri-La Hotel di Bali
  7. Proyek Pembangunan Cold Storage di Jawa Timur
  8. Proyek Pembangunan PLTU Batang di Jawa Tengah