Artikel

3 Produk WIKA Beton yang Umum Digunakan untuk Menunjang Pereketaapian Indonesia

Kereta api merupakan moda transportasi massal pilihan utama yang sering digunakan masyarakat Indonesia baik untuk jarak tempuh dalam maupun luar kota. untuk mengoptimalkan layanan kereta api, maka dibutuhkan komponen-komponen bermutu tinggi untuk mendukung jalannya dunia perkeretaapian di Indonesia. 

Sebagai #ConcretExpert, WIKA Beton menjadi salah satu perusahaan beton pracetak yang turut menyediakan kebutuhan perkeretaapian di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya 3 produk khusus yang dirilis WIKA Beton untuk mendukung proyek di bidang perkeretaapian di Indonesia. Berikut ini merupakan ulasan mengenai 3 produk tersebut!

Bantalan Jalan Kereta / PC Sleeper

Pada saat pertama kali beroperasi, kereta api di Indonesia menggunakan bantalan rel dengan bahan dasar kayu dan besi. Namun, seiring berkembangnya zaman, pada era 1980, semakin lama material kayu semakin langka ditemui sehingga diperlukan bahan substitusi yang tahan lama dan fleksibel yang penggunaanya serupa dengan kayu dan besi. Dengan pendekatan engineering, maka bahan yang digunakan untuk bantalan rel diganti menjadi beton yang dikenal dengan Precast Concrete Sleeper (PC Sleeper).

Bantalan rel yang berbahan beton pertama kali diproduksi WIKA Beton pada tahun 1984 dan masih terus diproduksi hingga saat ini. Saat ini, bantalan rel yang digunakan di berbagai proyek perkeretaapian di Indonesia didominasi oleh WIKA Beton. Tidak hanya memproduksi bantalan rel untuk kereta api Indonesia saja, WIKA Beton juga sudah mulai mengekspor bantalan rel ke luar negeri, yaitu Filipina, tepatnya pada awal tahun 2019.

Turnout Sleeper

Selain bantalan jalan kereta atau PC Sleeper, WIKA Beton juga merilis produk baru di dunia perkeretaapian Indonesia bernama Turnout Sleeper yang pertama kali WIKA Beton produksi pada tahun 2007.

Turnout Sleeper ini berfungsi sebagai bantalan jalan kereta yang dipasang pada sistem pindah jalur kereta. Bentuk Turnout Sleeper sebenarnya tidak jauh berbeda dengan PC Sleeper karena keduanya berupa bantalan beton. Perbedaannya adalah adanya point machinepada salah satu ujung Turnout Sleeper. 

Catenary Poles

Catenary Poles digunakan sebagai tiang transmisi yang menyangga kabel listrik dan persinyalan kereta api. Catenary Poles produksi WIKA Beton ini merupakan salah satu beton pracetak yang juga mulai diproduksi pada awal tahun 2000-an.

Ketiga produk WIKA Beton di atas menjadi produk unggulan dunia perkeretaapian untuk memudahkan mobilitas masyarakat Indonesia.

 

« Artikel