Artikel

Mega Proyek yang Pernah Dikerjakan WIKA Beton

Pembangunan Simpang Susun Semanggi, sang ikon ibukota

Sejak pertengahan tahun 2016 yang lalu, WIKA Beton berkomitmen untuk membangun salah satu ikon yang didapuk menjadi ikon ibukota kedua setelah Monas ini. Dalam komitmennya tersebut WIKA Beton sebagai kontraktor utama menghasilkan dua komponen utama berupa desain beton pracetak serta produksinya. Pembangunan Simpang Susun Semanggi ini akhirnya selesai pada 2017 dan menjadi daya tarik tersendiri saat Asian Games 2018 yang lalu.

Gedung baru Rumah Sakit St. Carolus Jakarta yang dilengkapi 3 lapis basement 

Proyek pembangunan gedung baru RS St. Carolus dimulai pada tahun 2017 yang lalu. Ada yang menarik dalam proyek ini; karena gedung rumah sakit dilengkapi dengan parkiran mobil yang terletak di 3 lapis basement. Dengan adanya parkiran mobil di 3 lapis basement ini diharapkan pengunjung akan tak kesulitan lagi mencari lahan parkir. Selain itu, RS. St. Carolus ini juga dibangun dalam 8 lantai yang didesain kedap polusi udara, suara serta limbah.

Skytrain di Bandara Soetta juga merupakan salah satu proyek WIKA Beton. 

Automated People Mover System atau yang lebih dikenal Skytrain ini mulai beroperasi pada tahun 2017. Pembangunan sistem transportasi ini bertujuan untuk mendukung operasional kereta yang menghubungkan 3 terminal di bandara tersibuk di Indonesia itu. Sebagai kontraktor utama yang menangani, dengan diselesaikan proyek ini, WIKA Beton telah mengukuhkan komitmennya untuk membangun infrastruktur di Indonesia.

Jalan Layang Kereta Api Kualanamu di Pulau Sumatera

Pembangunan Jalan Layang Kereta Api Kualanamu ini merupakan proyek pertama yang menggunakan segmental box girder di Medan. Segmental box girder sendiri merupakan teknologi tingkat tinggi yang dimiliki oleh WIKA Beton. Penggunaan teknologi tingkat tinggi ini bertujuan untuk memastikan proyek berjalan efektif karena dibangun di atas rel kereta api yang masih aktif. Meski tantangan yang dihadapi jelas lebih tinggi, tapi WIKA Beton berhasil merampungkan proyek ini pada akhir 2018.

Terakhir, pembangunan MRT Jakarta yang telah dibuka untuk umum. 

Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta yang sudah lama dinantikan masyarakat ibukota adalah salah satu proyek dari WIKA Beton ini. Pembangunan MRT Jakarta ini menggunakan tunnel beton dan box girder yang merupakan teknologi tingkat tinggi dari WIKA Beton. Bahkan, setelah pembangunan selesai, proyek ini masih diuji coba lagi oleh konsultan asal Jepang agar benar-benar siap ketika sudah resmi dibuka untuk umum.

Kelima proyek ini merupakan beberapa di antara sekian banyak proyek yang selama ini pernah dikerjakan WIKA Beton. Inilah wujud nyata komitmen WIKA Beton dalam prinsipnya menjadi #ConcreteExpert

« Artikel