Artikel

Sederet Langkah Besar yang Pernah Dilakukan WIKA Beton hingga Jadi #ConcretExpert

 

Menyandang predikat sebagai #ConcretExpert jelas tidak didapat dengan cara yang instan. Perlu usaha dan kerjakeras untuk memproduksi beton yang bekualitas serta dedikasi untuk terus memudahkan langkah masyarakat Indonesia melalui infrastruktur yang dibangun. Nah selama 22 tahun berdiri, WIKA Beton ingin berbagi tentang apa saja langkah besar yang selama ini pernah dilakukan untuk para Sahabat Beton semua. Agar Sahabat Beton bisa termotivasi dan tetap semangat seperti WIKA Beton dalam membangun negeri.

Tahun 1997 WIKA Beton pertama kali didirikan. Dari yang awalnya unit usaha menjadi anak perusahaan

Spin off dari unit usaha PT Wijaya Karya Tbk. Divisi Produk Beton menjadi unit perusahaan dilakukan pada tahun 1997. Pertimbangannya adalah WIKA Beton sudah mampu untuk melakukan kegiatan dan usaha yang dilakukan perusahaan secara mandiri. Pun, sejumlah Pabrik Produk Beton (PPB) sudah dibangun dan bisa mampu berproduksi secara optimal seperti PPB Bogor, PPB Pasuruan, PPB Boyolali, PPB Majalengka, PPB Lampung, PPB Sumut, serta PPB Sulsel. Jenis produk beton yang diproduksi juga sudah beragam di antaranya PC Poles, PC Piles, Railway Concrete Product, Bridge Concrete Product, Sheet Piles, Marine Concrete Product, PC Cylinder Piles, hingga Hydro CP.

Sebelas tahun setelahnya, WIKA Beton berinovasi pada produk-produknya dan menerapkan Corporate Risk Management

Pada tahun 2008, WIKA Beton melakukan inovasi pada produk-produk beton pracetak. Saat itu, ada dua produk baru yang diperkenalkan dan siap diproduksi secara massal. Kedua produk tersebut di antaranya balok jembatan Box Girder dan Tiang Pancang. Selain berinovasi pada produknya, WIKA Beton juga mulai menerapkan Corporate Risk Management yang mengatur segala aktivitas operasi dengan mempertimbangkan faktor risiko sehingga operasi bisnis perusahaan menjadi terkendali.

Tiga tahun berturut-turut yaitu 2010 hingga 2012, WIKA Beton kembali memperkenalkan produk beton terbaru dan membangun 2 pabrik baru

Inovasi memang menjadi nama tengah dari WIKA Beton. Sebab tiap tahunnya, hampir selalu ada produk-produk beton yang diluncurkan. Seperti pada tiga tahun berturut-turut, yaitu tahun 2010, 2011 dan 2012. Pada tiga tahun tersebut WIKA Beton meluncurkan produk tiang pancang berdiameter 1m serta beton box girder. Selain itu, pada tahun 2011, WIKA Beton terpilih menjadi perusahaan referensi dalam studi kasus Economics Benefits of Standars oleh Organization for Standarization di Geneva. Kemudian pada tahun 2012, WIKA Beton mendirikan anak perusahaan baru yaitu WIKA Kobe yang sekaligus merupakan pabrik ke-9 serta PPB baru di Karawang, Jawa Barat.

Tahun 2013 dan 2014, WIKA Beton melakukan banyak sekali langkah besar. Di antaranya listing di BEI dan membuka lini bisnis baru

Di dua tahun ini, WIKA Beton kembali melakukan pengembangan produk terbarunya yaitu hollow core slab, serta beton pracetak untuk bangunan dan industri. Selain itu WIKA Beton juga mendirikan 2 PPB sekaligus yang terletak di Lampung Selatan dan pabrik unit usaha WIKA Kobe. Tahun 2014, WIKA Beton mulai listing saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan masuknya WIKA Beton ke daftar pasar modal BEI, resmi pula WIKA Beton menyandang gelar sebagai perusahaan terbuka. Sesaat setelah IPO, WIKA Beton juga menambah portofolio bisnis yang bergerak di bidang Quarry dengan tujuan backward integration.

Lalu tahun 2015 sampai sekarang, WIKA Beton juga tak kalah on fire dalam melangkah. Peluncuran produk baru, pendirian Associate Company hingga didapuk sebagai perusahaan dengan saham ramah lingkungan!

Pada 4 tahun belakangan, ada banyak hal-hal baru yang diluncurkan WIKA Beton, diantaranya produk  PC Wall, jasa instalasi balok jembatan dan tiang pancang, hingga aplikasi guna untuk menghadapi Era Industri 4.0 pada tahun 2019 ini. Selain itu, pada tahun 2016, WIKA Beton juga meluncurkan bisnis baru yaitu readymix concrete serta pendirian Associate Company bertajuk WIKA Pracetak Gedung. Dan yang terakhir dan merupakan sebuah langkah besar untuk bumi, WIKA Beton masuk ke dalam 25 perusahaan di Indonesia yang memiliki saham ramah lingkungan. Gelar tersebut diberikan oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia yang bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia. WIKA Beton berhasil masuk ke dalam Indeks Saham SRIKEHATI selama 2 periode berturut-turut, yaitu November 2018 – April 2019 dan Mei 2019 – Oktober 2019.

« Artikel