Berita

Tidak Hanya Mutu Produk dan K3, QSHE WIKA Beton Turut Fokus pada Praktik 3R

Tim Quality, Safety, Health and Environment (QSHE) PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) kini tengah serius menaruh perhatian pada isu lingkungan. Pabrik Produk Beton (PPB) Karawang yang merupakan salah satu Unit Kerja WIKA Beton, mulai gencar melaksanakan praktik berwawasan lingkungan salah satunya dengan menerapkan 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

Praktik 3R menjadi salah satu aspek penilaian yang direspon positif oleh Direksi Perusahaan Induk WIKA Beton, yaitu PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) Bapak Destiawan dan Direksi WIKA Beton Bapak Mursyid yang juga merupakan Tim Penilai dalam kegiatan QSHE Patrol di PPB Karawang siang ini (27/6).

Di PPB Karawang, Praktik 3R diwujudkan dengan memanfaatkan barang bekas pakai seperti ban bekas dan sepatu safety menjadi pot tanaman, drum bekas oli menjadi kursi dan meja untuk pegawai bersantai, hingga penggunaan besi bekas pakai menjadi pin connector sebagai pengikat antara satu segmen dengan segmen lainya pada produk Balok Segmental.

Selain 3R, dalam QSHE Patrol kali ini pemantauan terhadap aspek mutu produk tetap menjadi aspek utama yang dinilai dan dievaluasi oleh Tim Penilai. Aspek mutu dan produk menjadi komponen penting dalam tinjauan dalam rangka menjamin produk yang WIKA Beton siapkan untuk proyek pembangunan di berbagai penjuru nusantara memiliki kualitas terjamin dan mutu tinggi. Saat ini, PPB Karawang sendiri sedang mempersiapkan produk untuk proyek: Tangguh Expansion Jetty II di Teluk Bintuni Papua, Jalan Tol Kunciran-Cengkareng, Bogor Ring Road Seksi IIIA (BORR IIIA), PLTU Cirebon 2, hingga Exit Jalan Tol Gedebage.

Sementara itu, Tim Penilai juga meninjau implementasi aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) termasuk di antaranya pemasangan rambu-rambu peringatan untuk para pekerja pabrik dan laporan berkala mengenai kecelakaan kerja.

Hasil dari QSHE yang masih harus diperhatikan dan diperbaikin oleh Manajemen dan seluruh jajaran PPB Krawang adalah  tentang  Housekeeping.

Pada kesempatan penilaian hal hal inspiring  mengakhiri QSHE Patrol  Destiawan  menyampaikan bahwa menjaga Quality adalah mutlak dan keharusan, dan yang sangat  penting bahwa Pabrik Produk Beton  WIKA Beton selalu  fokus dan haus  melahirkan karya-karya inovasi. 

« Berita