Berita

WIKA Beton Turut Andil dalam Perkembangan Transportasi Kereta Api di Filipina

PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) tengah menjalin komunikasi dan hubungan bisnis dengan Philippines National Railway (PNR) bersama dengan PT INKA (Persero) dan PT Pindad (Persero) untuk secara sinergis menggarap perkembangan transportasi kereta api di Filipina.

Kerja sama ini ditandai dengan pengiriman perdana produk Bantalan Jalan Rel (BJR) dari Pabrik Produk Beton (PPB) Majalengka ke Filipina pada 27 Januari 2019 lalu untuk selanjutnya melewati proses uji lintasan oleh pemilik proyek, yakni PNR. Hubungan bisnis ini berlanjut pada kunjungan industri ke PPB Bogor di Kawasan Industri WIKA oleh Lau Ta selaku Head of Legal and Head of Corporate Planning PNR dan Dadik Pranata Tirta selaku Vice President Marketing PT INKA (Persero) dengan disambut oleh Direktur Pemasaran WIKA Beton Kuntjara pada Sabtu, 4 Mei 2019.

Lau Ta mengaku senang dapat melihat langsung fasilitas produksi yang WIKA Beton miliki dan berharap dapat segera menindaklanjutinya melalui langkah-langkah konkrit berikutnya dalam perkembangan transportasi berbasis kereta api di Filipina.

Berdasarkan rekam jejak langkahnya di bidang perkeretaapian, WIKA Beton merupakan produsen BJR pertama di Indonesia. Sejak tahun 1984, WIKA Beton telah memproduksi produk BJR lolos yang test track dan terus dipercaya menjadi produsen BJR untuk berbagai proyek jalur kereta api di Indonesia.

Tidak hanya itu, inovasi WIKA Beton berlanjut dengan memproduksi BJR untuk Turn Out (Wessel) di tahun 2007, lalu meluncurkan Precast Track Slab Panel perkeretaapian di tahun 2016 dan menjadi EPC (Engineering, Production and Construction) Company untuk lingkup Trackwork pada Proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta di tahun 2017.

Berdasarkan catatan kinerjanya pada proyek, WIKA Beton telah berpengalaman menggarap proyek railway di antaranya Proyek Jalan Layang Kereta Api Kualanamu-Medan, Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dan Light Rail Transit (LRT) Jakarta.

Kerja sama WIKA Beton dengan PNR ini sejalan dengan target WIKA Beton untuk menguasai pasar railway di kancah internasional dan merupakan salah satu perwujudan visi WIKA Beton untuk menjadi perusahaan terkemuka dalam bidang Engineering , Production , Installation (EPI) Industri Beton di Asia Tenggara.

« Berita